20 Fun Activities for 2 Year Olds

9:19 PM

“Horeeee..It’s weekend”

Weekend merupakan moment yang selalu dinanti untuk dilewati bersama Shalom. Kalau sudah memasuki akhir pekan, harapannya perputaran jam agak sedikit melambat supaya punya waktu yang banyak untuk bermain dengan anak di rumah.

Sebisa mungkin kalau sudah di rumah, saya memilih jenis kegiatan yang melibatkan interaksi antara anak dan orangtua  dan meminimalisir penggunaan gadget.

20 kegiatan berikut yang bisa jadi alternative bagi anak usia 2 tahun ke atas yang biasanya saya dan Marthin lakukan bersama Shalom.  

1. Bermain dengan sticker book
Sticker book never fails for Shalom. Aktivitas menempel stiker bisa menjadi sarana bermain anak yang dapat membantu melatih keterampilan seni dan juga melatih anak untuk lebih fokus dalam mengerjakan sesuatu.


 


What to Prepare? Buku Stiker, Media untuk Menempel Stiker ( di kertas HVS, Diary atau Binder)
Where to Buy? Toko Buku Gramedia, Paper Clip, Jasa Titip BBW di Instagram, Miniso dan juga bisa ditemukan di Indomaret
Price? 10,000 (versi stiker di Indomaret) – 200,000 (1000 stikers)



2. Press Out Paper Town
Atau dikenal juga dengan permainan rumah-rumahan yang terbuat dari kertas. Kegiatan ini bisa menjadi alternative bonding time orangtua dan anak, dimana bisa melatih imajinasi anak dalam memainkan tokoh yang tersedia.



What to Prepare? Paper Town Book, Jika dibutuhkan bisa memakai isolasi (untuk merekatkan)
Where to Buy? Amazon, Jasa Titip BBW di Instagram
Price? 85,000 



3. Dress Up Play
Disebut juga mainan bongkar pasang. Yang banyak beredar sekarang biasanya sudah menggunakan magnet sehingga lebih praktis tetapi tidak mengurangi keseruan untuk mencocokkan kostum sesuai dengan selera anak. Kreatifitas anak juga sangat terlatih dengan permainan ini.


What to Prepare? Satu set permainan dress up play
Where to Buy? Shopee
Price? 150,000


4. Puzzle
Disarankan mencari gambar yang tidak terlalu sulit dan too much details, dan orangtua bisa membantu anak dalam menyusun puzzle. Awalnya memang sulit, tetapi jika sudah terbiasa maka anak-anak juga akan suka.

What to Prepare? satu set mainan puzzle
Where to Buy? Jasa Titip BBW di Instagram, ELC 
Price? 85,000 – 200,000




5. Main masak-masakan dengan real material, seperti tepung dan air
Berikan kesempatan anak untuk bermain dengan real objek. Permainan ini murah meriah tetapi sangat menarik untuk dicoba dan pastinya akan membuat ketagihan. Jangan lupa sediakan celemek supaya baju anak tidak kotor.

What to Prepare? Tepung, Air, Baskom Kecil, Sendok
Where to Buy? Menggunakan peralatan yang tersedia di rumah
Price? Free/ Gratis



6. Permainan potong-potong buah dan sayur
Selain permainan masak-masak dengan real object, Shalom juga suka bermain memotong buah-buahan dan sayur-sayuran. Shalom belajar mengenal nama-nama buah dan sayur dengan bahasa Indonesia dan juga bahasa Inggris. Permainan ini merupakan permainan yang paling sering dia mainkan dan menjadi mainan yang wajib saya bawa saat traveling.



7. Bermain Dokter-dokteran 
Bisa meningkatkan bonding dengan orangtua dan juga mengenalkan tools/ alat-alat kedokteran. Biasanya yang selalu jadi teman bermain dokter-dokteran adalah papa Shalom. Saya hanya bisa tersenyum melihat tingkah lucu mereka berdua selama bermain.

What to Prepare? Satu set perlengkapan dokter-dokteran
Where to Buy? Aplikasi Shopee, Tokopedia, ELC
Price? 100,000-300,000 



8. Water Beads
Permainan water beads ini sebenarnya sudah saya kenalkan pada Shalom sejak dia berumur 1,5 tahun. Water beads atau dikenal dengan nama hydrogel merupakan butiran-butiran yang dapat menyerap air, dimana setelah direndam dalam air maka butiran tersebut akan berubah seperti bola-bola jelly. Digunakan juga sebagai sensory play (permainan yang mendorong anak untuk menggunakan satu atau lebih panca indra) yang biasanya dipakai dalam teknik Montessori.
Cara memainkannya sangat sederhana. Biarkan anak-anak merasakan sensasi memegang water beads. Teksturnya yang seperti jelly membuat semua indra terstimulasi. Dan dapat juga dipakai untuk membedakan jenis-jenis warna (color sorting).

What to Prepare? Beads, lalu direndam semalaman di dalam air agar membesar dan perlu menyediakan baskom sebagai wadah penampungan
Where to Buy? Aplikasi Shopee
Price? 10,000 for 1 pack of water beads




9. Menggambar, mewarnai dan menulis 
Semua anak-anak suka sekali dengan aktivitas menggambar, mewarnai dan juga menulis, termasuk Shalom. Dengan melakukan aktivitas ini, anak menjadi lebih kreatif, motorik halus dan kasar juga semakin terlatih.

What to Prepare? Paper, Stationery, Crayon, Brush, Watercolor (water base) 
Where to Buy? Kids Station, JD ID,  Shopee and Aplikasi Tokopedia
Price? 10,000-100,000 (tergantung jenis crayon/ cat air yang digunakan)





10. Bermain Bubbles
Shalom sangat suka sekali jika diajak bermain bubbles. Permainan ini sangat menarik untuk dimainkan bersama orangtua untuk mempererat hubungan antara anak dan orangtua.

What to Prepare? satu set permainan bubbles yang terdiri dari alat pembentuk bubble dan cairan sabun 
Where to Buy? Indomaret, Toys Kingdom, Aplikasi Shopee and Tokopedia
Price? 30,000-100,000 (tergantung model)



11. Play Dough
Sekarang jenis play dough yang aman untuk anak berumur 2 tahun sudah tersedia di pasaran. Orangtua tidak perlu khawatir kalau permainan ini berbahaya, selama masih dalam pengawasan. Anak belajar untuk mengenal bentuk, warna dan juga melatih motorik halus dan kasar melalui permainan ini. 

What to Prepare? Playdough berbagai macam warna
Where to Buy? Kids Station, JD ID, Shopee and aplikasi Tokopedia   
Price? 15,000-300,000 (tergantung model dan ukuran)


12. Water Play
Pada dasarnya Shalom suka sekali bermain dengan air, sehingga water play ini termasuk salah satu jenis permainan yang paling sering dimainkan. Biasanya saya akan menyediakan 1 bucket air beserta gayung kecil. Selanjutnya Shalom yang akan mengisi space yang kosong dengan media air. 

What to Prepare? satu set water play dan 1 ember berisi air 
Where to Buy? Kids Station, Toys Kingdom, Aplikasi Shopee dan Tokopedia
Price? 300,000 - 1,000,000 (tergantung model)



13. Permainan Menyusun Balok  
Permainan ini sangat membantu anak untuk melatih kemampuannya dalam mengenali konsep warna, ukuran, bentuk dan juga keseimbangan. Bisa di mulai dengan bentuk yang sederhana dan tidak terlalu rumit, sehingga anak merasa nyaman. Semakin sering mencoba, maka akan menstimulasi anak untuk berlatih menyusun bentuk lain dengan tingkat kesulitan yang lebih tinggi. Permainan ini dapat mengembangkan daya imajinasi anak juga lho.


What to Prepare? satu set permainan balok
Where to Buy? Kids Station, Toys Kingdom, Aplikasi Shopee dan Tokopedia
Price? 50,000 - 1,000,000 (tergantung model dan ukuran)




14. Permainan Menyusun Tower
Permainan ini sangat menyenangkan. Shalom dapat belajar mengenali warna dan juga belajar menyusun tower dari ukuran yang paling besar hingga ukuran paling kecil sehingga terbentuk sebuah tower yang menjulang tinggi ke atas. Permainan ini dapat melatih kesabaran anak dan juga melatih motorik halus.

What to Prepare? satu set permainan tower
Where to Buy?  ELC, Shopee and  Aplikasi Tokopedia 
Price? 200,000 




15. Permainan Magnetic Tiles
Mengajarkan anak konsep warna dan bentuk. Cara permainannya sangat mudah, yaitu  dengan cara menggunakan magnet sebagai media untuk menggabungkan bentuk sesuai yang diinginkan. 


What to Prepare? satu set permainan magnetic tiles
Where to Buy? Amazon
Price? 350,000




16. Permainan Alat Rias
Karena anak perempuan dan sering melihat mamanya memakai make up di depan meja rias, sehingga Shalom pun tidak mau ketinggalan bermain permainan alat rias. Biarkan anak bereksplorasi dan mencoba semua jenis alat rias yang ada. Orangtua bisa menjelaskan fungsi dari alat-alat rias kepada anak saat sedang bermain.


What to Prepare? satu set permainan alat rias
Where to Buy? Kids Station, ELC, Toys Kingdom, Aplikasi Shopee dan Tokopedia
Price? 150,000





17. Permainan Magic Sand
Magic sand atau disebut juga kinetic sand merupakan salah satu jenis permainan edukatif yang bentuknya terlihat seperti pasir basah, tetapi sebenarnya kering dan tidak membuat tangan kotor saat dipegang. Permainan ini sangat bagus untuk mengasah kreatifitas dan juga kemampuan motorik halus dan sensory
Saat bermain magic sand ini, Shalom pun berimajinasi dengan membentuk kue, lalu memotong kue pasir tersebut seolah-olah kue benaran.


What to Prepare? satu set permainan magic sand
Where to Buy? Toys Kingdom, Matahari, Aplikasi Shopee dan Tokopedia
Price? 50,000-150,000 (tergantung ukuran dan merek)




18. Art Creativity
Mengajarkan anak untuk kreatif sejak dini merupakan hal yang sangat baik sekali. Saya berusaha untuk menyempatkan melakukan DIY (Do It Yourself) Activities bersama Shalom, seperti menempel stiker warna sehingga membentuk sebuah pola atau gambar, membuat awan dengan media kapas, dan aktivitas kreatif lainnya.


What to Prepare? Paper, Stationery, Crayon, Brush, Sticker, Bottle, etc
Where to Buy? Kids Station, JD ID,  Shopee and Aplikasi Tokopedia

Price? 10,000-100,000 (tergantung jenis kegiatan art yang ingin dipraktekkan)





19. Playing in Tent
Shalom suka sekali bermain di dalam tenda. Di dalam tenda dia akan berimajinasi, membawa beberapa mainannya untuk dimainkan di dalam tenda, serta mengajak papa dan mamanya untuk minta di bacakan buku di dalam tenda. Super fun!!


What to Prepare? satu buah permainan tenda 
Where to Buy? Online Shop, Aplikasi Shopee dan Tokopedia
Price? 350,000 - 1,000,000 (tergantung ukuran dan model)





20. Membaca Buku
Last but not least, kegiatan yang ini sudah menjadi hal wajib yang dilakukan sebelum Shalom tidur. Saking sukanya dengan buku, Shalom juga sudah bisa memilih buku mana yang dia suka, dan berusaha untuk membaca buku tersebut. Saya tidak menyesal memperkenalkan buku sejak Shalom masih bayi karena buku adalah jendela ilmu.





Demikian 20 fun activities yang sering saya dan Marthin lakukan bersama Shalom. Semoga bisa menjadi referensi buat ibu-ibu yang bingung untuk mencari aktivitas permainan bersama anak.

Terimakasih sudah mampir di blog saya. Sehat dan sukses untuk kita semua :)

You Might Also Like

0 comments