SKINCARE DURING PREGNANCY

2:38 PM



Ah, rasanya baru kemarin saya dinyatakan hamil…dan tak terasa usia kehamilan saya memasuki trimester kedua..Setelah 3 bulan pertama yang dipenuhi dengan rasa mual dan muntah, sensitif terhadap bau, tiba2 saja semuanya menghilang ketika memasuki usia kehamilan bulan ke- 4. Saya sangat bersemangat untuk beraktivitas termasuk untuk melakukan perawatan wajah. 

Mungkin karena sugesti baby JJ is a girl, jadi urusan kecantikan menjadi perhatian saya di semester ke-2. Saya awali dengan keputusan saya untuk  memotong rambut saya yang panjang menjadi pendek di kehamilan bulan ke-4. Selama ini, saya tidak pernah punya rambut pendek (terakhir saat saya masih duduk di bangku SMA). Tetapi untuk alasan simplicity, saya memutuskan untuk memotong pendek dan saya tidak mau menjadi ribet untuk mengurus rambut ketika baby JJ nanti.
say bye to long hair..welcome my new short hair :)
Oh ya, saya lupa bercerita…kalau di trimester pertama, kondisi kulit wajah saya berubah. Yang semula bebas jerawat, kali ini saya harus menerima keadaan bahwa muka saya dipenuhi oleh jerawat.. Ya…semua itu karena hormon yang berubah…Tetapi memasuki bulan ke-4, kondisi kulit wajah saya semakin membaik. Saya mencoba beberapa product kecantikan dengan mempertimbangkan faktor keamanan bagi ibu hamil. Saya juga aktif membaca banyak referensi dan tips kecantikan para ibu hamil. 

Saya harap tips ini juga bisa menjadi referensi bagi ibu-ibu hamil yang tetap ingin tampil cantik.

1. Cermati komposisi dari skincare dan kosmetik yang dipakai. Dari informasi yang saya dapatkan, bahan kimia yang mengandung merkuri, retinol, Salicylic Acid (BHA), Hydroquinone, Benzoil Peroxyde, Soy, Paraben, Rhodamin dan Benzophenone-3. Kandungan bahan kimia tersebut dapat mengakibatkan resiko lahir prematur.

2. Pilihlah skincare dan kosmetik dari bahan organic/ natural. Cari produk yang telah teruji secara klinis sehingga tidak menimbulkan gangguan pada janin. Perbanyak referensi untuk mengetahui ingredients kosmetik/ skin care yang akan kita pakai.

3. Jika kulit kamu sedang berjerawat, jangan sekali-kali punya niat untuk menutupinya dengan foundation or make up tebal karena hal itu akan membuat kulit kamu semakin berjerawat. Tidak perlu khawatir karena jerawat tersebut akan sembuh dengan sendirinya. Namanya ibu hamil, pasti akan dimaklumi kok . 

4. Konsultasikan pada dokter apabila anda memerlukan penggunaan perawatan kecantikan yang berbahan kimia.

5. Last but not least, be confident with yourself. Believe that your inner beauty means everything than any make up brands.

Dan inilah perjalanan skincare saya selama masa hamil…


skin care favorite selama masa kehamilan

1. Seaweed Deep Cleansing Facial Wash (Combination to Oily Skin) The Body Shop
Produk cleanser yang satu ini teksturnya ringan dan tidak membuat wajah menjadi kering. Selain itu, sangat ampuh untuk membersihkan secara menyeluruh. Pencuci muka yang satu ini sudah menjadi teman baik saya sejak masa kuliah.


2. Laneige Water Bank Essence-EX
Laneige adalah salah satu produk skincare brand Korea yang terkenal dengan kemampuannya untuk membuat kulit wajah lebih lembap dan meningkatkan tekstur kulit menjadi lebih kenyal. Karena saya sehari-hari bekerja di ruangan yang ber-AC dan hal tersebut dapat membuat kulit wajah menjadi kering, Laneige Water Bank Essence-EX sukses membuat kulit wajah saya lebih lembab dan kenyal seperti kulit bayi. Yang pasti formulanya paraben free, jadi saya tidak khawatir untuk dipakai sehari-hari sebagai moisturizer. This product is really works for me. I would purchase the new one, if the products run out.


3. Body Shop Drops of Youth
Siapa yang tidak mengenal product The Body Shop (TBS)..Yup, product ini sudah mendunia dan banyak wanita di luar sana yang menjadi member setia product ini. Termasuk saya yang menjadi pecinta setia produk TBS sejak dari bangku kuliah. Untuk urusan serum, saya memakai  Drops of Youth Serum yang saya pakai di pagi dan malam hari. Hasilnya kulit saya menjadi lebih kenyal, kaya permen yupie..LOL..

4. Nuxe Crème Prodigieuse  (Anti-Fatigue Moisturizing Day Cream – Normal to Combination Skin)

Saya dapat referensi product ini dari beberapa beauty blogger Indonesia yang merasakan manfaat penggunaannya. Nuxe adalah product kecantikan dari Paris dan ingredient yang digunakan berasal dari bahan yang natural dan paraben-free, mineral oils-free dan juga tanpa animal-origin ingredients. Memang harganya lebih mahal dari beberapa moisturizer pada umumnya, tetapi it’s worth with the price that you pay.  Dan yang paling saya suka adalah the smell of nuxe was pleasant. Jadi setiap di oles di kulit wajah, bawaannya jadi happy terus.

5. Nuxe Contour des Yeux Prodigieux Anti-Fatique Moisturizing Eye Cream
Eye cream dari nuxe ini teksturnya ringan banget dan tidak membuat greasy dan cocok untuk mata yang sensitive. Kemampuannya selain anti-aging dan juga anti-puffiness. Biasanya saya mengaplikasikannya di pagi dan malam hari untuk mengurangi dark circles yang muncul karena kencenderungan saya yang tidur lebih larut malam saat hamil.

6. Glamglow Youthmud Tingle Exfoliate Treatment (si masker lumpur)
Saya mau bilang, kalau product ini juara banget deh..kulit wajah saya mendadak jadi lebih cerah sejak memakai masker lumpur yang lagi happening ini. Dengan pemakaian seminggu sekali, komedo yang ada di sekitar zona T saya berkurang dan kulit mati dapat terangkat. Kalau rajin-rajin pake masker ini, make up ga perlu tebal-tebal karena kulit menjadi fresh, kenyal dan glowing (seperti nama mereknya)..Saya akan review khusus untuk produk yang satu ini (later on).

Semoga review product skincare yang saya pakai bisa menginspirasi para ibu hamil yang ingin tetap cantik dengan komposisi bahan yang natural. Tetap semangat merawat muka yahh, moms To be :) 


You Might Also Like

8 comments

  1. Halo mbak, make skincarenya pas trimester kedua yah? kalau awal2 kehamilan bulan 1 pake skincare ga mbak? makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo mba, pemakaian skincare mulai intensif di trimester ke-2, pas awal2 hamil khawatir takut ada efek samping. tapi setelah saya pelajari, smua produk yang saya pakai ini aman mba..

      Delete
  2. kak mau nanya kalo laneige clear C Advanced Effector, EX itu aman gak kak untuk bumil ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. dari ingredients nya, sepertinya aman untuk ibu hamil mba.

      Delete
    2. Aku baru aja beli produk TBS yg drops of light, td sih nanya sm mbaknya aman buat bumil. Udah sampe rmh Aku baca lg ingredients nya ada salycic acid ☹. Yg aman yg serie mana ya?

      Delete
    3. hi mba..menurut referensi yg saya baca, salicylic acid aman bagi bumil kok, asal ga lebih dari 2%..coba baca di artikel ini : https://www.medicalnewstoday.com/articles/322291.php
      smoga bs membantu..saat hamil pertama, saya memakai tbs seri drops of youth..so far, aman kok walau ada sedikit kandungan salyclic acid..

      Delete
  3. Mba saya udh hamil 6 bulan ini, kalau produk laneige white dew emulsion aman ga yaa buat bumil?

    ReplyDelete
  4. Mbak kalo clear c advanced effector ex aman ga

    ReplyDelete