Inikah Rasanya Ngidam

4:33 PM


Tidak pernah terbayangkan sebelumnya bagaimana perasaan menjadi seorang ibu hamil..
Dan inilah saatnya, dimana perut saya mulai membuncit dan pipi juga sudah semakin membengkak…Tidak jarang teman-teman di kantor memanggil saya bumil (ibu hamil-red), dan beberapa dari mereka menawarkan saya berbagai jenis makanan. Bahkan ada yang secara khusus mengantarkan makanan tanpa saya ketahui sebelumnya. Selalu banyak surprise dalam kehamilan saya ini. Thanks my friends..

Sampai suatu hari, teman saya bertanya :”Bumil lagi ngidam apa? Bilang aja yah, nanti aku masakin buat kamu”….
Langsung kepikiran, ”Saya ngidam apa yahhh??? Asik juga yah ternyata jadi ibu hamil, begitu banyak yang memperhatikan saya”..ujar saya dalam hati.

Selama menjalani masa kehamilan memang pola makan saya menjadi berubah. Porsi makan saya bertambah banyak, dan terkadang kepikiran makanan tertentu.. Oh ini toh yang namanya ngidam dan ternyata saya merasakannya juga..

Di kehamilan ini, makanan yang terbayang di pikiran saya adalah “tongseng kambing”..Sebelum hamil, saya tidak pernah suka makanan yang satu ini. Mencium bau nya saja sudah cukup membuat sana “eneg” alias mual karena baunya yang sangat tajam. Tidak jarang menu ini selalu saya hindari karena saya tidak suka.
Tetapi.. saat hamil ini semuanya berubah. Seketika saya membayangkan nikmatnya tongseng kambing. Suami saya, Mon adalah pecinta kuliner kambing dan juga semua produk olahan daging. Dan ternyata saya ngidam makanan yang disukai Mon. Dari mulai daging kambing sampai olahan daging sapi, seperti rawon, soto daging, coto makasar dan juga steak. 
Menurut info kesehatan, ibu hamil dilarang untuk memakan makanan yang mengandung kambing karena kolesterol tinggi dan berbahaya bila daging yang di konsumsi tidak matang sehingga dapat terkena virus dan bakteri yang membahayakan janin. Selain itu juga, kambing dapat menyebabkan efek panas pada janin.

Ya, akhirnya saya harus cukup sabar untuk menahan keinginan untuk mengkonsumsi olahan daging kambing di usia kehamilan muda (trimester pertama). Setelah itu saya berani untuk memakan semangkok tongseng kambing. Saya masih ingat moment pertama kali memakan tongseng kambing (sharing dengan Mon) dan Mon makan satu porsi sate kambing di salah satu rumah makan di Pekanbaru (namanya Depot Pondok Sate Pak Kliwon, Jl. Durian Pekanbaru) …Rasanya nikmat sekali, dan seketika rasa ngidam saya terpenuhi dan saya pun makan dengan lahapnya.
seporsi sate kambing untuk Mon dan semangkok tongseng kambing sharing berdua dengan Mon

Lagi..Keinginan saya untuk memakan olahan daging tidak dapat dihindarkan. Atas nama “ngidam” yang kata orang-orang harus dituruti/dilaksanakan, Mon akhirnya mengajak saya untuk makan malam (candle light dinner) di D'Taste Bistro Café di Pekanbaru. Saya memesan Spaghetti Bolognese with Meatball…Nikmatnya tak terkatakan..Saya bahagia sekali malam itu J

 
our candle light dinner

As wrap up, jika para ibu hamil merasakan ngidam pada makanan tertentu, ada baiknya untuk mengetahui apakah makanan tersebut membuat efek samping pada kehamilan. Karena apabila kita tidak memperhatikan pola makanan dan juga gaya hidup dapat beresiko terhadap penurunan kesehatan janin. Selama makanan yang dikonsumsi dalam jumlah yang wajar, mudah-mudahan hal tersebut tidak akan membahayakan janin yang sedang dikandung.
Selamat menikmati masa-masa ngidam para bumil…Tetap happy dan semangat menjalani kehamilannya yahh…

You Might Also Like

0 comments