DIARY PAGES #17 : Shalom is Turning 3 (Tips For Birthday Preparation)

7:15 PM


Persiapan ulang tahun Shalom memang sudah saya rancang sejak jauh hari. Saya ingin ulang tahun yang ke-3 ini bisa dirayakan bersama teman-teman dan yang tidak kalah penting adalah kehadiran orang tua saya dan Marthin di perayaan hari ulang tahun Shalom tepat di tanggal 15 September 2018 lalu.



Di tulisan kali ini, saya mau berbagi 10 tips dalam mempersiapkan ulangtahun anak. Simak sampai akhir yah...

1. Menentukan Budget Acara
Menurut saya, budget merupakan hal awal yang harus dibuat saat merencanakan ulang tahun anak. Dengan adanya anggaran dana yang kita susun sejak awal, hal ini sangat membantu dalam menentukan berapa jumlah tamu yang akan diundang, tempat yang akan digunakan saat pesta perayaan ulang tahun, jenis goodie bag ataupun variasi makanan untuk para undangan. Jika kamu punya budget yang pas-pas’an, mengadakan party kecil-kecilan dengan mengundang hanya teman dekat di rumah juga tidak menjadi masalah. Atau jika punya budget lebih, kalian bisa memilih opsi lebih banyak, seperti di restaurant ataupun tempat bermain seperti indoor playground.

Untuk ulang tahun Shalom ke-3 ini, saya memilih party di rumah sekalian syukuran menempati rumah baru bersama teman-teman dekat kami. Saya ingin suasana yang intim dengan orang-orang yang saya kasihi.


2. Memilih tanggal & waktu perayaan ulang tahun, serta waktu untuk menyebarkan undangan
Setelah budget, langkah berikutnya adalah memilih tanggal dan waktu yang tepat untuk mengadakan perayaan ulang tahun. Beberapa orangtua harus bekerja di hari H anak berulangtahun, sehingga perayaan ulangtahun terkadang tidak sama dengan hari dimana anak sedang berulang tahun. Bagi saya, weekend adalah waktu yang tepat, disamping kita bisa punya durasi waktu yang lebih panjang untuk merayakan hari ulang tahun sekaligus juga bisa bersilaturahmi dengan teman dan kerabat. Setelah menetapkan tanggal, sebaiknya undangan bisa di share 2 minggu sebelum acara untuk secure waktu dari tamu yang diundang.


Kebetulan banget hari ulang tahun Shalom ke 3 tepat jatuh di hari Sabtu, sehingga saya dan Marthin memutuskan untuk mengadakan perayaannya di hari Sabtu tersebut. Walaupun di hari tersebut Marthin harus berkuliah S2, but it’s ok karena kami sudah tinggal di Rumbai dan lokasi tempat Marthin berkuliah masih dalam jangkauan 5 menit naik mobil.

3. Menentukan Tema Acara
Setelah fix dengan tanggal dan waktu, saatnya menentukan tema acara. Pastinya ibu-ibu akan dibuat kebingungan karena di jaman NOW banyak sekali party planner yang bisa membantu persiapan ulang tahun dan selain itu juga, banyak toko yang menjual pernak-pernik pesta baik online ataupun offline store. Akan lebih seru lagi jika kita bisa menyelaraskan dengan hobi/kesukaan anak sehingga anak akan lebih merasa happy saat hari ulangtahunnya dirayakan.

Untuk ulangtahun Shalom yang ketiga ini, saya mengambil tema peppa pig, karena Shalom benar-benar fall in love sama peppa pig and friends. Ternyata tidak mudah untuk mendapatkan pernak-pernik tema peppa pig di tempat saya tinggal, padahal menurut saya Pekanbaru sudah kota besar. Akhirnya saya membeli hampir semua perlengkapan ulangtahun Shalom via online.


4. Memilih Menu untuk Dessert Table (Snack, Minuman, Kue)
Saat ini dessert table ulangtahun anak sedang happening di kalangan masyarakat, khususnya bagi para ibu muda. Sebuah display dessert table biasanya dibuat untuk menjadi objek/ fokus di pesta perayaan ulangtahun, sehingga display menu makanan yang ditaruh di atas meja menjadi sangat penting. Tips dari saya agar dessert table menjadi menarik adalah dengan menggabungkan snack, kue, minuman dengan printable yang sesuai dengan tema.

Seperti contohnya di ulangtahun Shalom yang ketiga ini, saya menaruh kue, susu yang diberi label :  Shalom is turning 3, wafer tango, cookies tema peppa pig, permen lollipop warna warni dan juga kue ulangtahun warna pink dengan printable peppa pig dan sebuah patung pepa pig kecil.







5. Menentukan Jenis Makanan
Pastikan menu makanan yang dipilih cocok dengan selera anak-anak dan juga kita punya opsi untuk memasak sendiri makanan ataupun juga membeli/ memesan makanan melalui vendor. Yang perlu diingat adalah pastikan bahwa makanan yang kita buat atau pun beli sesuai dengan anggaran yang sudah kita tentukan dari awal.



6. Memilih & Memesan Goodie Bag
Pesta ulangtahun tidak lengkap tanpa adanya goodie bag yang biasanya dibagikan ketika acara ulangtahun selesai dilaksanakan. Bagi saya, goodie bag harus disesuaikan dengan budget. Jika kamu punya budget yang pas2an, kalian bisa siasati dengan memberikan goodie bag yang berisi snack jajan anak-anak. Tetapi bila ada budget lebih, beberapa barang bisa menjadi alternative, seperti lunch box, tas sekolah, gelas, alat tulis, dll.
Bila ingin memesan dalam bentuk barang dan dalam jumlah banyak, sebaiknya pemesanan sudah dilakukan 1 bulan sebelumnya mengingat waktu produksi dan pengiriman sehingga bisa sampai sebelum hari H perayaan ulang tahun.

Ulangtahun Shalom yang ke-3 ini, saya memutuskan untuk memesan goodie bag berupa lunch box mengingat benda ini pasti akan terpakai oleh teman-teman Shalom yang diundang.


7. Mempersiapkan dekorasi
Hal ini juga penting dipersiapkan sebelum perayaan ulangtahun. Sebaiknya kalian harus membuat list barang apa yang diperlukan, selanjutnya membeli perlengkapan 2 minggu sebelum hari H (seperti balon, bunting flag, hiasan untuk backdrop, etc) dan memastikan dekorasi yang dibuat sesuai dengan tema jika ingin membuat pesta yang menarik. Kalian tidak perlu untuk membeli semua barang yang dibutuhkan, tetapi bisa juga memanfaatkan barang yang ada di rumah se-optimal mungkin. Agar lebih hemat, kalian juga bisa meminjam peralatan ulangtahun kepada teman atau kerabat. Kuncinya adalah kreatif dan lakukan semuanya dari hati. Hasilnya pasti akan luar biasa deh.

Saya pribadi mulai mempersiapkan dekorasi sekitar 2 hari sebelum hari H. Cukup mepet sih waktunya, karena kesibukan saya di kantor yang cukup padat. Tetapi bantuan dari teman dekat saya, Visil (yang juga menjadi teman saya untuk mengurus party planner di Duri) membuat persiapan dekorasi ulang tahun Shalom menjadi lebih mudah.





8. Menyusun run down acara Hari H
Agar pesta menjadi semakin meriah, persiapan run down acara juga penting. Karena ini adalah perayaan ulangtahun anak, sebaiknya dibuat games menarik, hadiah menarik bagi mereka yang memenangkan permainan, dan tidak lupa moment penting untuk tiup lilin dan potong kue juga menjadi puncak acara ulang tahun anak yang harus ada di run down acara.

Ulang tahun Shalom yang ke-3 menjadi moment yang bahagia karena teman saya Mario bersedia untuk menjadi MC dan membuat acara semakin semarak.







9. Menentukan kostum 
Jika ingin moment pesta ulangtahun yang special, kostum juga perlu dipertimbangkan lho. Seperti di ulangtahun Shalom kemarin, saya special membelikannya gaun peppa pig via online dan sampai sekarang gaun ini menjadi baju favorit yang nya sehari-hari :) 
Orang tua juga bisa menyelaraskan kostum dengan tema ulangtahun anak jika ingin terlihat lebih kompak.



10. Mempersiapkan dokumentasi
Karena ulangtahun adalah moment satu tahun sekali, pastikan kalian mempersiapkan dokumentasi selama perayaan acara ulangtahun dilaksanakan. Lebih baik jika ada fotografer yang bisa membantu meng-capture setiap moment yang ada. 

Berikut moment special yang berhasil di capture saat perayaan ulangtahun Shalom yang ke-3.











Bahagia sekali melihat Shalom yang sangat menikmati acara perayaan ulangtahunnya berjalan sangat baik dan penuh kegembiraan bersama para sahabat dan keluarga yang begitu menyayanginya. Doa saya dan Marthin agar Shalom terus tumbuh menjadi anak yang sehat, pintar, baik hatinya dan someday bisa berguna bagi orang banyak.


Thanks udah mampir ke blog mama Shalom. Semoga tips terkait persiapan ulangtahun anak ini berguna bagi kalian yah:)




You Might Also Like

0 comments