DIARY PAGES #25 : “The Power of Gratitute”

6:40 PM


Ada hal yang tidak bisa di ungkapkan dengan kata-kata tetapi lebih bermakna jika di ungkapkan dengan tulisan. Ada saatnya mulut tak bisa mengucapkan kata tapi perasaan dapat dirangkai dalam sebuah tulisan.

Hari-hari terakhir ini banyak sekali pasang surut kehidupan yang saya alami. Saya terlalu sibuk dengan masalah saya. Tanpa sadari ternyata saya butuh untuk diam, memberikan waktu untuk diri saya sendiri agar berhenti sejenak.



Ada saat dimana saya merasa sedih, merasa hilang harapan dan terkadang putus asa dalam menghadapi masalah. Hidup saya penuh dengan kekhawatiran, saya berusaha untuk menyelesaikan masalah dengan kekuatan saya sendiri. Hal itu ternyata membuat kondisi diri saya menjadi tidak lebih baik. Saya gampang murung, emosi, dan secara psikologis saya merasa capek.

Sampai akhirnya saya belajar “The Power of Gratitute” dan hal itu yang mengubahkan hidup saya. Ada energi positif ketika saya bersyukur, ada semangat ketika saya mengucapkan semua kebaikan Tuhan dalam hidup saya. Terlebih lagi, saya merasa ada sukacita ketika mulut saya berkata : "Terimakasih Tuhan”.

Terapi Gratitute ini saya peroleh dari seorang Hamba Tuhan lewat ibadah di Hari Minggu mengenai kekuatan dari hati yang penuh syukur. 
Tipsnya sebagai berikut :
1. Tuliskan pada jurnal, catatan kecil ataupun selular phone anda, hal apa saja yang kamu syukuri sepanjang hari (dimulai dari bangun pagi hari sampai malam hari sebelum tidur)
2. Kelompokkan ucapan syukur tersebut menjadi 3 kelompok besar, yaitu : 
  - Spiritual yaitu mensyukuri hal-hal yang menyangkut hubungan kita dengan Tuhan ;
  - Physical yaitu rasa syukur berkaitan dengan fisik atau jasmani ;
 - Relationship yaitu ungkapan syukur yang berkaitan dengan hubungan kita dengan sesama

Saya ambil contoh sebagai berikut :
-  Spiritual : Hari ini saya mendengar lagu rohani yang berjudul " Mujizat dalam bersyukur". Saya dikuatkan walaupun sedang mengalami banyak masalah
-  Physical : Saya mengucap syukur bisa bangun tidur dengan kondisi organ tubuh yang berfungsi dengan baik 
-  Relationship : Saya bersyukur karena bisa bertemu dengan Ayu, teman baik saya saat SMA ketika berlibur di Bandung bulan Oktober kemarin.
3. Lalu baca dan renungkan setiap harinya sebelum akan memulai aktivitasHal ini bisa memberikan semangat baru saat menjalani aktivitas sehari-hari.

Nah, kalian bisa mulai menulis apapun bentuk ucapan syukur, mulai dari hal yang sederhana sampai yang luar biasa (from A to Z) setiap harinya. Saya sudah mencoba mempraktekkan hal ini dan Puji Tuhan, hati saya merasa lebih tenang dalam menghadapi setiap persoalan yang ada. Percayalah dengan bersyukur, hal-hal baik akan hadir di dalam hidupmu.

Mari mencoba terapi ini. Selamat mempraktekkan :)


You Might Also Like

0 comments