Night Skin Care Routine (Updated)

11:25 PM



“Simple is everything”. Hal ini juga berlaku dalam urusan merawat kulit wajah. Kenapa saya bisa bilang begini, karena bulan lalu sepertinya saya terlalu sering gonta ganti produk skincare untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat maksimal. Tanpa saya sadari ternyata pola gonta ganti skincare malah membuat kulit wajah bermasalah.

Puncaknya, muka saya jerawatan parah di bulan Agustus kemarin. Suspect nya karena saya put different skincare product too much gitu lho, bahkan kadang bisa memakai 2 produk serum yang berbeda setiap hari. Padahal aktivitas saya tidak banyak berubah dan pemakaian make up pun minim sekali, tapi kok saya jadi gampang banget jerawatan yah? Jadi saya putuskan akhirnya memilih step skincare routine yang simple sejak bulan September.

Jadi di tulisan saya ini, saya ingin berbagi  skincare routine yang paling update (khususnya untuk night routine) karena day routine skincare saya tidak berubah sama sekali. Stay tune untuk tahu produk apa yang akhirnya bisa membantu kulit wajah saya lebih calm dan mulai kembali bebas jerawat.

----
Sebelum saya membahas lebih lanjut produk apa yang saya pakai, simple skincare routine yang saya maksud ini pastinya tetap menyentuh konsep dasar dari skincare routine yaitu : CLEANSING, MOISTURIZING and PROTECTING

1. CLEANSING

Untuk cleansing, pastikan kalian melakukan double cleansing (tidak hanya cuci muka saja) tetapi juga membersihkan sisa make up atau skincare  dengan menggunakan cleansing water/micellar water ataupun cleansing balm atau cleansing oil. Biasanya saya akan mulai first cleanser dengan menggunakan micellar water dari Ponds yang teksturnya ringan tetapi bisa mengangkat kotoran di wajah saya. Untuk riasan make up sehari-hari saya yang hanya bermodalkan skincare dan sun screen (tanpa pakai bb cream atau foundation), Ponds micellar water ini sudah pas untuk kebutuhan kulit saya tanpa menimbulkan efek samping berupa kulit iritasi ataupun munculnya jerawat.

Setelah selesai dengan first cleanser, saya lanjutkan dengan second cleanser yaitu The Faceshop Rise Water Bright Foaming Cleanser. Wanginya sangat menenangkan dan efeknya membuat kulit saya menjadi lebih cerah. Saking sukanya, ga berasa kalau sebentar lagi udah mau habis dan saya pun berencana akan re-purchase foaming cleanser dari The Faceshop ini.




2. HYDRATING/ MOISTURIZING

Selesai tahap cleansing, saatnya memastikan wajah kita tetap hydrate/ lembab. Kalau mengikuti rangkaian skincare korea, biasanya diikuti dengan pemakaian toner bahkan ada yang menambah step pre-toner. Nah, beberapa waktu terakhir ini, pemakaian toner saya ganti dengan pemakaian FTE (First Treatment Essence) dari Missha (my fav. FTE ever) kemudian dilanjutkan dengan memakai essence yang konsentrasinya sedikit lebih ringan dibandingkan serum. 

Essence favorit saya saat ini adalah belif numero 10 essence. Warnanya transparant dan saya merasakan sensasi dingin saat dioles di kulit wajah. Ada aroma menenangkan dan tidak meninggalkan efek lengket setelah dipakai. Essence ini membantu banget mengembalikan kondisi kulit wajah saya yang sebelumnya sempat  berjerawat. Dan setelah 2 bulan pemakaian, saya pun semakin jatuh cinta dan merekomendasikan produk belif ini sebagai one of best Korean Essence product. Pemakaian rutin bisa buat kulit wajah kenyal gitu lho..rasanya jadi pengen cubit pipi sendiri :)



3. PROTECTING

Kalau pagi/siang hari, step protecting adalah pengaplikasian sun-screen untuk melindungi kulit wajah dari bahaya sinar UV-A dan UV-B. Di night skincare routine, saya tetap mengambil istilah protecting dengan tujuan untuk melindungi kelembaban wajah saya dengan pemakaian glow mask (sama juga dengan water sleeping mask). 

Sudah 2 bulan terakhir ini saya memakai salah satu produk lokal yang bagus banget, yaitu Lacoco Water Melon Glow Mask. Lacoco ini merupakan brand dari Yogyakarta yang baru launch di tahun 2017 lalu. Jadi pemakaian yang dianjurkan adalah di malam hari (seperti water sleeping mask yang tidak perlu dibilas tetapi dipakai semalaman). Fungsi dari glow mask ini adalah untuk melembabkan wajah dan mencerahkan kulit saat bangun dipagi hari. 


Kandungan utamanya adalah semangka dan pisang yang kaya akan antioksidan dan melindungi kulit wajah dari penuaan seperti kerutan halus maupun keriput di wajah. Setelah pemakaian selama 2 bulan terakhir, saya merasa kulit wajah menjadi lebih sehat dan tampak lebih cerah.

Dan di tahap protecting ini, saya tidak lupa melindungi bagian bawah mata saya dengan pengaplikasian eye cream dari Inisfree Jeju Orchid dan tidak lupa untuk menjaga kelembaban bibir dengan menggunakan Nuxe Reve de Miel Nourishing Lipbalm yang menjadi teman setia saya selama selama 2 tahun terakhir.


Setelah menjalani simple skincare routine selama sebulan terakhir ini, kulit wajah saya terlihat lebih sehat. 


Terimakasih sudah mampir ke tulisan saya kali ini dan semoga bisa mengobati kerinduan beberapa teman yang kangen dengan tulisan saya.




You Might Also Like

0 comments