#MomAndDaughterTime

8:11 PM


Tagar #momanddaughtertime banyak menghiasi feed Instagram saya sejak Shalom kecil hingga sekarang. Saya menyadari bahwa kebersamaan saya dengan Shalom tidak bisa 24 jam seperti full time mom pada umumnya. Jadi, saat punya waktu private berdua, rasanya bahagia sekali.

Ketika Shalom sudah semakin besar dan bisa berkomunikasi dengan baik, saya merasakan hubungan ibu dan anak di antara kami berdua semakin berkualitas. Saya ingin selalu menjadi tempat Shalom bercerita, bermain dan berbagi hingga dia tumbuh besar nanti. Waktu terasa begitu cepat berlalu ketika kami berdua sedang bersama.

Di akhir bulan Mei 2019 kemarin, saya dan Shalom melewati banyak waktu berdua saat papanya sedang out of town. Kami pergi ke mall berdua, menonton bioskop berdua, makan berdua dan bermain berdua di rumah maupun di tempat bermain anak. Puncaknya, saya dan Shalom traveling berdua untuk menyusul papa yang mengikuti training di Singapore. 

Saya merasakan momanddaughtertime kali ini berbeda. Kenapa? Karena Shalom sudah sangat kooperatif untuk diajak traveling di umurnya yang menginjak 4 tahun di bulan September nanti.


Proses check in dan imigrasi berjalan dengan lancar. Saya banyak dibantu oleh orang-orang sekitar yang melihat kami traveling berdua, seperti: mempersilahkan kami naik pesawat lebih dahulu, membantu mengangkat koper saya dan juga mempermudah proses pengecekan di imigrasi.

Tarraaaa....and the story begins...

Sebelum naik ke pesawat, tidak lupa saya mengabadikan moment Shalom foto di depan pesawat.


Saat di dalam pesawat, Shalom duduk dengan tenang. Sesekali melihat pemandangan di luar, membaca katalog makanan pesawat, bahkan bermain masak-masakan yang dia bawa dari rumah. 



Sepanjang jalan, dia pun sibuk bersenandung riang sehingga perjalanan dari Pekanbaru ke Singapore selama 45 menit terasa sangat singkat.


Kebahagiaan luar bisa saya lihat ketika akhirnya Shalom bertemu dengan papanya yang sudah menunggu di bandara kedatangan. Saya kaget, tiba-tiba dia bilang ke saya “Mommy, I love Daddy”. Sungguh terharu saya mendengarnya. Akhirnya kami bertiga bertemu kembali dan bisa menikmati liburan bersama.




Saya sangat menikmati waktu traveling berdua dengan Shalom. Melihatnya tertawa, berteriak bahagia, menari dan bernyanyi sepanjang perjalanan, membuat kebahagiaan dalam hidup saya semakin bertambah.


Sedikit tips traveling ala momanddaughtertime yang bisa saya share
1. Pastikan check in dilakukan 3 jam sebelum keberangkatan (untuk penerbangan luar negeri) dan sediakan waktu lebih panjang jika dirasa perlu. 
2. Anak akan merasa nyaman saat traveling jika kondisi perutnya kenyang dan cukup tidur. Pastikan ibu memperhatikan hal yang satu ini jika ingin travelingnya nyaman.
3. Fit for purpose luggage agar tidak repot saat berjalan bersama anak. Saya menyarankan jika traveling bersama anak yang di bawah 5 tahun, lebih baik membawa stroller selama perjalanan.
4. Selain itu, jangan lupa membawa mainan kesayangan anak saat traveling untuk mengisi kesibukan selama sedang menunggu keberangkatan ataupun sedang dalam perjalanan menuju tempat tujuan. Hal ini berhasil saya terapkan kepada Shalom, dan sangat membantu ketika dia sedang bosan.
5. Gunakan baju yang nyaman agar anak bisa beraktivitas dengan leluasa. Sediakan baju ganti jika diperlukan.
6. Sediakan cemilan, obat-obatan dan perlengkapan penting lainnya sesuai kebutuhan anak.
7. Enjoy the trip. Ingat, mama tidak boleh panik dan nervous saat perjalanan karena akan berpengaruh pada suasana perjalanan. 


Cerita dari Singapore akan berlanjut di tulisan berikutnya. Terimakasih ya sudah membaca.

You Might Also Like

0 comments