Hello Shalom..Hello Baby Milestone..

2:44 PM


morning walk

Ku sapa pagi hari ini dengan senyuman penuh syukur atas hari-hari yang begitu indah setelah Shalom hadir di tengah-tengah kehidupan keluarga kecil kami..

Sudah hampir satu tahun OFF dari dunia blog, vakum menulis dan sampai bingung harus mulai dari mana untuk bercerita…Hari-hari ini begitu cepat berlalu, dan tidak terasa usia Shalom sudah menginjak 21 bulan dan sekarang ini dia bukan bayi lagi, tetapi sudah berubah menjadi seorang anak kecil lucu yang pintar, sehat dan sangat menggemaskan..

Setiap hari aku dan Marthin dibuat kaget dengan semua perkembangannya yang sangat menakjubkan..banyak kosa kata baru, tingkah laku baru yang kadang membuat kami suka tersenyum bahkan tertawa lepas bila mengingatnya..Moment ini akan terus kami ingat sepanjang perjalanan hidup pernikahan kami berdua..

Berbicara tentang milestone perkembangan anak, seberapa sering orangtua dibuat stress dengan hal yang satu ini? Banyak orang tua muda yang baru mempunyai 1 anak, terkadang merasa khawatir apakah anak mereka berada dalam kondisi yang normal atau perlu melakukan pemeriksaan lebih lanjut dengan ahli tumbuh kembang.

Hal ini juga yang membuat saya rajin untuk membaca dan mencari informasi mengenali tumbuh kembang anak dengan belajar konsep dasar perkembangan normal, yang diantaranya adalah :  
  1. Perkembangan Motorik Kasar : kemampuan dalam menggunakan kelompok otot besar untuk duduk, berdiri, berjalan, berlari, menjaga keseimbangan dan mengubah posisi
  2. Perkembangan Motorik Halus : kemampuan dalam menggunakan tangan untuk bisa makan, menggambar, berpakaian, bermain, menulis dan melakukan banyak hal lainnya
  3. Perkembangan Bahasa : kemampuan dalam berbicara, menggunakan bahasa tubuh dan gerak tubuh, berkomunikasi dan membahami apa yang orang lain katakan
  4. Perkembangan Kognitif : kemampuan dalam keterampilan berpikir, termasuk belajar, pemecahan masalah, penalaran dan mengingat
  5. Perkembangan Sosial : kemampuan berinteraksi dengan orang lain, memiliki hubungan dengan keluarga, teman dan guru, bekerja sama dan menanggapi perasaan orang lain.

source : trackchildsdevmilestone

Pada dasarnya, setiap anak itu unik dan punya langkah nya masing-masing dalam bertumbuh dan berkembang. Memahami tahap perkembangan anak sesuai umur memang baik untuk orang tua. But, the point is jangan sampai sebagai orang tua kita memaksakan anak kita untuk mencapai milestone tertentu, dan biarkan mereka tumbuh dengan kasih sayang dari orang tua dan lingkungan yang baik.

Aku dan Marthin sepakat untuk terus belajar mengenai tumbuh kembang anak dan tidak memaksakan pencapaian tertentu kepada Shalom. Each child develops at her or his own pace, so stop comparing your child with others.

And the story from Shalom Audrey will be continue........

You Might Also Like

0 comments