Top 5 Kid-Friendly Places in Bandung

8:02 AM


Kota Bandung selalu menyimpan kenangan manis sepanjang perjalanan hidup saya dan suami. Bagaimana tidak, sejak saya duduk di bangku sekolah menengah atas (SMA) dan Marthin memperoleh gelar sarjana, sama-sama kami lalui di kota Bandung. 

Walaupun saat ini kami tinggal di Duri (Riau), setiap ada waktu kosong, pastilah kota Bandung akan menjadi pilihan kami berlibur, selain juga untuk mengunjungi tempat tinggal mertua saya (kedua orang tua Marthin).

Kalau dulu masih belum punya anak, biasanya kami akan langsung hunting tempat makan kesukaan kami, tidak perduli tempatnya seperti apa. Tetapi setelah ada Shalom, kami sepakat bahwa anak selalu menjadi prioritas, bahkan saat libur sekalipun. Jadi memilih tempat bermain atau restaurant pun harus yang kid friendly.

Di tulisan kali ini, saya akan share beberapa tempat bermain maupun restaurant yang aman bagi anak-anak.

1. DUSUN BAMBU FAMILY LEISURE


Dusun Bambu Family Leisure

Kalau punya waktu yang cukup panjang saat berlibur di Bandung, pasti kami tidak akan melewatkan kunjungan ke Dusun Bambu. Berlokasi di Jalan Kolonel Masturi KM 11, Desa Kertawangi, Cisarua Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, tempat ini merupakan kawasan wisata yang sangat ramah untuk anak-anak.

Dilengkapi dengan fasilitas super lengkap, tempat ini juga menawarkan banyak sekali pilihan makanan (kuliner) yang super lezat dan yang tidak kalah penting adalah terdapat area untuk membeli oleh-oleh.

Ada 2 area yang merupakan tempat favorit Shalom bermain :

1.Rabbit Wonderland (Labyrinth)
Rabbit Wonderland

Sebelum memasuki kawasan ini, kita harus membayar tiket masuk sebesar 35,000 (sudah termasuk satu keranjang kecil yang berisi wortel). Bentuk area Rabbit Wonderland seperti labirin, dimana beberapa kandang kelinci dibuat berderatan  sehingga menambah keseruan area bermain ini.

Shalom sangat menikmati moment memberi makan kelinci. Pada awal-awal kedatangan, dia masih agak sedikit takut untuk mendekati kelinci. Tetapi, di kedatangan kami berikutnya, Shalom sudah tidak takut lagi dan langsung semangat untuk memberi makan kelinci.
  




Setelah memutari labirin, selanjutnya kami meminta salah satu petugas untuk memberikan kami ijin untuk memegang, menggendong dan juga berfoto dengan kelinci. Shalom begitu happy dan biasanya sulit sekali mengajaknya untuk pergi dari tempat ini.

Spot foto wajib kalau berkunjung ke Rabbit Wonderland

2.Playground

Setelah selesai memberi makan kelinci, biasanya Shalom melanjutkan bermain di area playground yang letaknya persis di sebelah Rabbit Wonderland. Tiket masuk ke dalam playground adalah 50,000 rupiah. Banyak sekali permainan yang bisa di mainkan di tempat ini, seperti permainan luncuran (slide), ayunan, kuda-kudaan, area mandi bola dan masih banyak area bermain lainnya. Menurut saya pribadi, permainan ini akan terasa worth to try untuk anak usia 2 tahun ke atas. Bila di bawah umur 2 tahun, disarankan untuk bermain di area Rabbit Wonderland saja.






Permainan yang ada di playground membuat Shalom betah bermain

Selain 2 tempat permainan diatas, Dusun Bambu juga menyediakan banyak wahana permainan lain seperti motor-motoran, panahan, memancing, melihat ular raksasa ataupun hanya sekedar menikmati indahnya pemandangan kebun bunga.

Dari informasi yang saya baca, terdapat juga area camping, bersepeda, penginapan dan yang tidak kalah terkenal adalah restaurant Pohon Lutung Kasarung (kita harus reservasi sebelumnya karena tempat terbatas) dan juga terdapat rumah makan lesehan Gazebo Saung Purbasari yang pemandangannya super bagus karena berada di tengah danau kecil. Sayangnya kami belum pernah mencoba makan di restaurant tersebut karena selalu penuh setiap kali datang kesana.Ada baiknya kalian reservasi tempat terlebih dahulu bila ingin mencoba makan di restaurant ini.

Jadi kalau punya kesempatan untung berkunjung ke Bandung, jangan lupa sempatkan mampir ke Dusun Bambu yah.

2. FOOD LIFE RIAU JUNCTION MALL

Kalau ke Bandung, keinginan untuk shopping pasti tidak bisa tertahan. Maklum, di kota Duri minim banget tempat berbelanja atau sekedar mencari tempat cuci mata (window shopping). Jadi biasanya kami mencoba cari win-win solution buat kami bertiga. Papanya suka makan, anaknya suka bermain dan mamanya suka shopping…hehehe.. Kalau udah gini, susah donk cari tempat yang cocok. Dan di Riau Junction Mall, semua keinginan kami terpenuhi. Mall ini tidak terlalu besar tetapi cukup lengkap. Alamatnya di Jl. R.E. Martadinata No.17-21, Citarum, Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat 40115

Saya pribadi merekomendasikan tempat ini sebagai salah satu opsi kawasan yang ramah terhadap anak karena sekarang tersedia sebuah area bermain anak (di lantai paling atas, dekat food court area) yang merupakan indoor playground.

Shalom happy banget kalau diajak bermain di indoor playground ini. Spot favoritnya adalah ice cream corner dan bahkan bisa menghabiskan waktu 30 menit sendiri di area ice cream ini. Selain itu, permainan naik mobil sambil mengisi bensin di filling station juga sangat digemari Shalom.




Indoor playground tempat bermain yang nyaman bagi anak-anak

Sambil Shalom bermain, biasanya saya dan Marthin bisa duduk menikmati kuliner yang ada di food court sambil menjaga Shalom bermain. Salah satu menu favorit saya setiap kesini adalah lumpia basah dan juga thai ice tea

Favorit menu : lumpia basah dan thai tea

Rasanya nikmat banget dan bikin nagih pengen makan lagi. Biasanya sebelum pulang, kami sempatkan untuk berbelanja kebutuhan yang tidak bisa diperoleh di kota Duri.


3.  MISS BEE PROVIDORE

Bisa dibilang kalau tempat ini sangat hits di kota Bandung. Setiap browsing di internet tempat wajib yang harus dikunjungi di Bandung, pasti tempat ini akan masuk dalam top list. Karena penasaran, di kunjungan terakhir kami ke Bandung, kami sempatkan untuk datang ke restaurant ini.




Pertama kali datang langsung jatuh cinta dengan tempatnya. Selain desainnya yang keren, di sediakan juga tempat bermain untuk anak. Menu makanan cukup bervariatif dan pelayanannya juga memuaskan.












Makanan sangat bervariatif dengan rasa yang lezat

Di restaurant ini juga terdapat corner creativity untuk anak mewarnai dan juga body painting untuk anak-anak.




ada space halaman untuk tempat anak bermain

Oh ya, salah satu spot yang menarik perhatian Shalom di restaurant ini tidak lain tidak bukan adalah space outdoor yang berisi beberapa ekor kelinci. Shalom bahagia sekali bisa melihat kelinci dan berusaha mengejar dan mendekati kelinci untuk diberi makanan.




Kalau ke Bandung, jangan lupa mampir ke restaurant ini yang beralamat di Jl. Rancabentang no. 11 A Ciumbuleit- Bandung.

4. RAMEN IKKOUSHA BANDUNG 

Tempat ini pasti dan selalu pasti akan kami kunjungi setiap kali ke Bandung. Kenapa? Simple banget alasannya, karena ramen nya enakkkk bangettttt… 

Tidak cuma saya dan Marthin yang suka dengan Ramen Ikkousha ini, Shalom pun sangat suka dan pasti makannya banyak banget dan bahkan dia bisa mengabiskan hampir 1 porsi Ramen Ayam Special. Lucunya, dia akan minta makan sendiri dan tidak mau disuapin.

Ramen Ayam Special favorit Shalom, Papa dan Mama

Restaurant nya juga kid friendly karena mereka menyediakan baby chair, ruangan full AC dan di area depan, terdapat spot bermain untuk anak. Lagi-lagi Shalom akan memilih main masak-masakan dan menolak untuk pulang kalau sudah di ajak ke sini. Oh ya, kalau ke Bandung jangan lupa mampir ke sini yah. Pasti deh akan nagih ke sini terus :) Alamatnya di Jl. R.E. Martadinata No.172, Merdeka, Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat 40113





5. Kidzoona Bandung Paskal 23 Hypersquare

Ternyata di Bandung ada tempat bermain Kidzoona yang pastinya sudah tidak asing dikalangan ibu-ibu jaman Now. Lokasinya berada di 23 Paskal Shopping Mall yang beralamat di Jl. Pasir Kaliki no. 25-27 Arjuna, Cicendo.


Sesampainya di lantai-2 Mall Paskal 23, kami menemukan spot permainan Kidzoona dan langsung saja Shalom langsung mengajak bermain. Ada 2 pilihan jenis tiket yang ditawarkan, yaitu permainan 1 jam (seharga 60,000 rupiah) dan permainan seharian (90,000 rupiah) untuk weekdays. Saat weekend, harganya berbeda lagi, yaitu 90,000 rupiah untuk 1 jam dan satu hari bermain seharga 150,000 rupiah. Untuk harga member, biayanya lebih murah. Jika berniat sering kesini, saya sarankan untuk mendaftar membership karena ada penawaran paket hematnya..hehhe..

Detail admission fee nya bisa di lihat informasinya berikut ini :


Admission Fee
Harga ini sudah include 1 orang pendamping yah. Jika pendamping lebih dari satu, dikenakan lagi biaya 30,000/ orang. Jangan lupa untuk membawa kaos kaki dari rumah, karena di area bermain di wajibkan untuk memakai kaos kaki. Jika tidak membawa kaos kaki, disediakan juga pilihan untuk membeli seharga 5,000 rupiah untuk anak kecil dan 10,000 rupiah untuk dewasa.

Banyak sekali permainan yang tersedia di Kidzoona ini, di antaranya mandi bola, loncat di balon, permainan menyusun busa yang berukuran besar, merangkai brick, bermain magic sand, pretending play seperti menjadi polisi, pemadam kebakaran, tukang pos, penjual ice cream, sushi dan burger, belanja di supermarket dan lainnya.






Dari sekian banyak jenis permainan, Shalom paling suka dengan permainan menjadi penjual burger, belanja di supermarket. Di area ini dia bisa menghabiskan waktu 30 menit dan saya disuruh menjadi pembeli burger yang Shalom buat.




Selain itu, Shalom sangat menikmati permainan mandi bola, memanjat dan permainan luncuran (slide). Shalom sangat berani untuk naik turun sendiri tanpa harus ditemani. 






Sayang kami hanya punya waktu 1 jam karena keterbatasan waktu. Next time saya akan mengajaknya bermain lebih lama di Kidzoona karena memang permainan yang disediakan seru banget. Saya pun yang mendampingi ikutan happy.

Kalau ada kesempatan wisata ke Bandung dan mencari tempat bermain anak, silahkan mampir ke Kidzoona. Setelah bermain, kita bisa mencari tempat makan sesuai dengan selera. Yang menjadi favorit Shalom di mall ini adalah Marugame Udon dan tempatnya juga ramah terhadap anak-anak. 



So far, 5 tempat ini merupakan kid friendly area yang menjadi rekomendasi saya saat berlibur ke Bandung. Kalau ketemu tempat baru yang recommended, akan saya update kembali di tulisan selanjutnya. 

Bagi teman-teman yang punya rekomendasi tempat oke bagi anak di Bandung, bisa menambah infonya di kolom komen tulisan saya ini yah.

Semoga informasi ini bermanfaat:)




You Might Also Like

0 comments