STAYCATION AT NOVOTEL PEKANBARU

5:41 PM

Punya kesempatan menghabiskan long weekend bersama keluarga merupakan hal yang mewah bagi saya pribadi. Memang sudah cukup lama kami tidak kumpul lengkap ber-3 saat weekend karena Marthin cukup sibuk dengan kegiatan perkuliahannya. Jadi saat long weekend tiba, harapannya bisa dihabiskan dengan liburan.

“Kalau liburan ke luar kota kok rasanya capek banget yah”, ucap saya ke Marthin sehubungan dengan rencana long weekend kali ini. Kemudian Marthin memberi ide untuk jalan-jalan ke Pekanbaru, yang berjarak hanya 3 jam dari kota Duri. Saya pun menyambut ajakan Marthin dengan senang hati, dan kebetulan memang butuh kalibrasi pikiran yang cukup penat selama 2 minggu terakhir.

Akhirnya kami memutuskan staycation di Hotel Novotel Pekanbaru. Lokasi hotel yang sangat strategis di daerah Jl. Riau Pekanbaru, dan sangat dekat dengan pusat perbelanjaan/mall merupakan alasan kami memilih hotel ini sebagai tempat istirahat selama 3 hari 2 malam.

Kami berangkat dari Duri pukul 09.00 pagi dan tiba di Pekanbaru pukul 12.00 siang. Sampai di Pekanbaru kami makan siang terlebih dahulu, lalu lanjut check-in di Hotel Novotel. Para petugas yang melayani kami sangat ramah sekali, bahkan sebelum jam check-in salah satu petugas menelepon untuk memastikan kembali apakah kami jadi menginap di Hotel Novotel atau tidak, bahkan untuk early check-in pun mereka siap membantu.

Sembari menunggu Marthin selesai dengan urusan check-in kamar, saya menemani Shalom bermain permainan menyusun balok yang tersedia buat anak-anak. Shalom sangat excited untuk bermain. Sekitar 10 menit saya menemani Shalom duduk-duduk di area lobby sambil menikmati welcome drink yang tersedia di dekat area receptionist.

Setelah mendapatkan kunci kamar, kami pun menuju lantai 11. Sesaat setelah masuk ke dalam kamar, kami bisa menikmati pemandangan kota Pekanbaru dari ketinggian. Hari itu langit sangat cerah dan cukup terik, tetapi tidak mengurangi rasa nyaman kamar yang kami tempati.

Oh ya, ada satu pengalaman yang membuat saya terkesan saat menginap di hotel ini. Setibanya di kamar, kami pun segera istirahat di tempat tidur. Marthin berusaha untuk men-charge handphone nya dengan memanfaatkan port charging yang tersedia di samping tempat tidur. Tetapi ternyata rusak sehingga tidak bisa digunakan. Setelah melapor ke petugas, team electricity segera datang dan memperbaiki. Karena perbaikannya cukup lama, salah satu supervisor hotel datang dan menawarkan kami untuk pindah ke kamar lain yang berada di lantai 15. Kami pun menyambut baik tawaran dari pihak hotel dan terkesan dengan pelayanan mereka yang sangat responsif dan membantu saat proses pemindahan barang. Selain itu juga kami diberikan kamar baru yang posisinya lebih bagus dan nyaman.

Siapa lagi yang paling happy saat itu? Tentu saja Shalom. Selalu saja pengalaman menginap di Hotel menjadi keseruan tersendiri baginya. Semua sudut kamar di explore sambil mulutnya terus komat-kamit menunjuk benda-benda yang dia ketahui namanya. "Mama ada kursi, mama ada lampu, ada telepon, dll".. Semua deh dia sebut sampai kami semua dibuat tertawa oleh tingkah lucunya. Jangan harap bisa mengajaknya foto-foto, karena tidak bisa diam dan sibuk mondar-mandir di dalam kamar.

Kamar yang kami pesan adalah tipe superior, dimana terdapat 1 tempat tidur double bed, sebuah sofa panjang, meja untuk tempat menulis atau bisa dipakai jika ingin bekerja dengan menggunakan laptop, dan sebuah TV LED berukuran 40" dengan banyak pilihan TV channels. Ukuran kamarnya sekitar 28 meter square (fit for purpose size) yang dilengkapi dengan coffee/tea maker dan mini bar.

Kamar mandi diberi sekat kaca dan bisa ditutup dengan cara menurunkan tirai, dan dibedakan antara area yang basah untuk keperluan mandi dan juga area kering untuk buang air kecil/besar. Di tengah area basah dan kering terdapat sebuah kaca dan wastafel kecil. Tidak perlu ribet untuk membawa perlengkapan mandi karena hotel menyediakan free toiletries termasuk hair dryer.

Pengalaman menginap 2 malam di Hotel Novotel sangatlah menyenangkan bagi kami, terlebih untuk Shalom yang bisa tidur dengan pulas setiap malam dan sulit sekali bangun pagi hari karena sangat nyaman.

Beberapa fasilitas yang tersedia di hotel ini antara lain :
1. Gourmet Bar
Tempat yang menjual makanan dan minuman, terletak di lantai dasar (lokasinya persis di belakang area receptionist).

2. Restaurant
Terletak di lantai 3, tersedia pilihan menu makanan yang variatif, mulai dari  menu lokal sampai menu makanan western. Rasa makanan juga enak dan tidak plain.

3. Kolam Renang
Terletak berdampingan dengan restaurant, bisa menjadi sensasi yang berbeda karena bisa menikmati makanan sambil berenang atau sembari menemani putra-putri yang ingin berenang.

4. Fitness
Lokasinya juga ada di lantai 3, bisa di akses dari pintu depan sebelum menuju kolam renang.

Beberapa point positif lainnya dari hotel ini :
1. Tersedia free wifi dengan kecepatan yang ok banget, bisa dipakai untuk browsing all day (tanpa batas). Bisa di akses dengan jumlah device lebih dari 3.
2. Free parking selama menginap di hotel
3. Security yang stand by 24 hours dan pelayanan para petugas yang sangat ramah
4. Tersedia fasilitas untuk peminjaman baby crib untuk new born
5. Porter yang helpful dan ramah
6. Tersedia pilihan kamar untuk smoking dan non-smoking, dan dibedakan lantai yang smoking dan non-smoking
7. Tersedia fasilitas laundry, massage dan meeting room

Bagi yang ingin berakhir pekan atau mencari penginapan yang recommended di Pekanbaru atau berencana untuk staycation di Pekanbaru? Hotel Novotel ini bisa menjadi salah satu pilihan.

Alamat : Jl. Riau No.59, Kp. Baru, Senapelan, Kota Pekanbaru, Riau 28155
Tlp : (0761)-25599
Range Harga Kamar : 600,000 - 1,000,000 (tergantung jenis dan ukuran kamar)

Tidak lupa kami mengabadikan foto bertiga di depan lobby hotel, dan lagi-lagi sulit untuk mengajak Shalom berfoto. I'll try harder next time :)